HOTLINE 0812 90090011 - 0838 2020 1111 - 0812 2060 2011 csmqtravel@mqtravel.co.id

MILIKILAH AKHLAK MULIA

MILIKILAH AKHLAK MULIA

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt., Dzat Yang Maha Mulia lagi Maha Bijaksana. Dialah Alloh yang tiada pernah berhenti melimpahkan rezeki kepada seluruh makhluk-Nya. Hanya kepada Alloh kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita akan kembali. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.
Saudaraku, krisis terbesar yang melanda umat manusia bukanlah krisis politik, bukan krisis ekonomi, bukan krisis hukum. Krisis terbesar dan paling berbahaya yang melanda manusia adalah krisis akhlak!
Rosululloh Saw. bersabda, “Sesungguhnya aku diutus adalah untuk menyempurnakan akhlak.” (HR. Ahmad)
Ada orang yang baru saja dapat keberuntungan yang besar, kemudian dia segera melampiaskan kegembiraannya dengan berfoya-foya di tempat hiburan malam sambil minum minuman keras, nongkrong sampai pagi dan tidak mempedulikan batasan antar lawan jenis. Ini adalah gambaran akhlak yang buruk.
Sementara di tempat yang lain, ada orang yang mirip yaitu mendapat keberuntungan yang sangat besar, kemudian dia mengekspresikan kegembiraannya dengan spontan sujud syukur memuji Alloh Swt. Kemudian, dia datangi mushola untuk sholat sunnah dan berterimakasih kepada Alloh, “Ya Alloh, terimakasih telah memampukan hamba meraih pencapaian ini.”
Akhlak mulia adalah buah dari tauhid yang bersih dan ibadah yang benar. Bagaikan sebatang pohon, akhlak adalah buahnya. Saripati makanan yang baik yang diserap oleh akar, akan menghasilkan buah yang ranum dan manis. Namun, jika saripati makanan yang diserap akar adalah hal-hal yang kotor, bercampur limbah, maka jangankan berbuah, pohon itu malah akan kering dan mati.
Tak ada manusia yang tak menyukai akhlak mulia. Setiap orangtua, senang jika anaknya berakhlak mulia. Setiap anak, gembira jika orangtuanya berakhlak mulia. Pun demikian guru, bahagia jika murid-muridnya berakhlak mulia, begitu juga sebaliknya. Para pemilik perusahaan akan berbahagia jika karyawannya berakhlak mulia, dan sebaliknya.
Rosululloh Saw. adalah bukti nyata tentang akhlak mulia yang menghasilkan kesuksesan. Sejak kecil beliau sudah dikenal kejujurannya sehingga digelari sebagai Al Amin, orang yang jujur terpercaya. Maka, salah besar jikalau ada orang yang berpikir bahwa untuk meraih kesuksesan itu perlu berbuat curang, perlu mermanipulasi, menipu atau mencuri. Jikapun memang meraih sukses, maka sesungguhnya itu sukses yang semu belaka, sukses sesaat yang tak lama lagi celaka.
Perhatikanlah batu intan. Dimanapun dia berada, maka orang-orang akan mencarinya. Jika ia berada di antara tumpukan batu-batu biasa, maka orang akan berusaha untuk membongkarnya demi mendapatkannya. Bahkan sekalipun batu intan itu ada di dalam got, maka orang rela tangannya belepotan demi mendapatkannya. Ini baru batu mulia, apalagi akhlak mulia! Maasyaa Alloh!
Nah saudaraku, marilah kita bermujahadah mendidik diri kita agar memiliki akhlak mulia. Bukan demi mendapatkan kekaguman manusia, namun demi mendapatkan penilaian Alloh Swt. Semoga kita termasuk hamba-hamba Alloh yang memiliki kemuliaan akhlak. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

sumber: www.smstauhiid.com

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This